Selasa, 14 Februari 2023

author photo


POSMETROSUMUT.COM | SULTAR
- Kamis (02/02/2023) Kepala BPS Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) diundang sebagai salah satu narasumber dalam acara Rapat Koordinasi Forum Satu Data Indonesia (SDI) Provinsi Sulut yang diselenggarakan di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sulut.

Sambutan disampaikan oleh Elvira M. Katuuk selaku Plt. Kepala Bappeda Provinsi Sulut sekaligus membuka secara resmi rapat ini. Dalam sambutannya, Elvira menyampaikan bahwa SDI Provinsi Sulut ini diharapkan dapat menyediakan data yang akurat, mutakhir, tepadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, dan dibagi pakaikan.

“Penyusunan perencanaan pembangunan didasarkan pada data dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Jika tidak didukung oleh data yang tepat, maka perencanaan pembangunan tidak akan mencapai target yang tepat,” ujar Elvira.

Pada kesempatan ini, Asim Saputra menyampaikan tentang implementasi SDI di Sulut. BPS Provinsi Sulut bekerja sama dengan Pemprov telah membuat portal For D One yang tidak hanya diimplementasikan oleh lingkup provinsi saja, tetapi juga oleh kabupaten/kota di Sulut. Asim juga menyampaikan bahwa Sulut sudah satu tahun lebih maju dibandingkan nasional dalam hal launching portal Satu Data. Hal ini patut diapresiasi bersama karena implementasi Satu Data di Sulut sudah hampir menginjak langkah terakhir. Regulasi, forum, dan portal sudah disediakan, implementasi sudah berjalan, tinggal bagaimana Forum Satu Data ini dapat menjembatani supaya integrasi data segera terjadi.

Pada acara ini juga dilakukan penandatanganan Berita Acara Kesepakatan batas waktu penginputan data dalam aplikasi Satu Data Indonesia oleh dinas/instansi penyedia data di Provinsi Sulut.

Selanjutnya yaitu paparan mengenai Tata Kelola Penyelenggaraan Statistik Sektoral yang disampaikan oleh Pranata Komputer Ahli Madya BPS Provinsi Sulawesi Utara, Sumbodo Aji Cahyono. Dalam paparannya, Sumbodo menyampaikan alur penggunaan aplikasi For D One yang juga telah terintegrasi dengan Satu Data Sulawesi Utara. Harapannya, K/L/D/I di lingkungan Provinsi Sulut dapat melakukan pemutakhiran data secara mandiri melalui portal tersebut.

Penulis : Red
www.posmetrosumut.com
Baca Juga:
Advertise

This post have 0 comments

Next article Next Post
Previous article Previous Post