Selasa, 27 Juni 2023

POSMETROSUMUT.COM | LABUHANBATU - Cuaca buruk mengakibatkan tumbangnya pohon karena curah hujan dan angin kencang, ada beberapa titik di Kota Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, hingga terjadi pohon tumbang, pada Senin (26/06/2023).


POSMETROSUMUT.COM | LABUHANBATU - Cuaca buruk mengakibatkan tumbangnya pohon karena curah hujan dan angin kencang, ada beberapa titik di Kota Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, hingga terjadi pohon tumbang, pada Senin (26/06/2023).


Kejadian ini mengakibatkan jalur lintas kota rantau prapat jalan A.Yani jadi macet total dan 1 rumah warga di jalan SM.RAJA tertimpa pohon yang mengakibatkan kerusakan berat dan korban diungsikan sementara sebelum batang pohon dan jalur PLN kembali normal diperbaiki.


Di TKP saat evakuasi pembersihan pohon yang meninpa salah satu rumah warga terlihat camat Rantau Selatan dan Lurah mengerahkan beberapa personil pekerja lapangan untuk membersihkan dan menebang pohon yang tumbang yang merusak rumah warga, ibu wahyuni (58)  warga sm.raja, bpbd dan hadir juga memantau evakuasi bu wahyuni dan keluarga sementara mereka harus mengungsi hingga selesai perbaikan dan rumahnya yang menjadi korban pohon tumbang tersebut.


Saya udah pernah bilang bu sebelum kejadian pada pekerja pemangkas pohon dan pihak pln ,tolong pak liat pohon ini udah berlubang takut tumbang dan menimpa rumah dan juga pada pihak penganggkat truk sampah juga saya minta tolong bilangkan, karna saya gak tau harus lapor kemana," ungkap yuni.


Di tkp ada banyak yang datang katanya dari bpbd , namun mereka bilang tidak sanggup mengerjakan karna tidak ada alat  dan dana maka bu camat elya hotma ,se. dan pak lurah bakaran batu kholik hasibuan ,se. lah yang memangil pekerja untuk membersihan pohon dan memotong dahan dan batang pohon yang di atas atap rumah kami.alhamdulilah kami tidak  sekeluarga selamat," ujar Yuni.


Dilain pihak salah satu pekerja pembersih pohon tumbang bapak mulkan mengatakan membenarkan  ia bersama camat dan lurah berkordinasi untuk membantu evakuasi pohon tersebut karena sudah merusak rumah satu warga mencari alat dan menangung dana evakuasi ini , kita mau cepat evakuasi kasihan ibu yang korban rumahnya juga jalan umum yang lalu lalang di lewati  kita membuat kesepakatan mengevakuasi pohon tumbang tersebut pada hari Selasa (27/06/2023).


Dari pantauan awak media,terlihat petugas PLN dan BPBD labuhanbatu masih berada di lokasi kejadian terlihat camat rantau selatan ,ibu elya Hotma ,se. Dan lurah baKaran batu khoilik hasibuan ,se. pantau sampai malam hari pukul 21:00 wib.


Sebagai sosial kontrol awak media ini berharap  pihak dinas terkait agar lebih memperhatikan dan ulang tanaman pelindung yang ada di sekitaran kota rantauprapat untuk di remajakan  kembali, sehingga tidak membahayakan bagi pengguna jalan umum dan tempat tinggal warga lagi. Juga rumah warga yang menjadi korban pohon tumbang tersebut membantu perbaikan rumah warga yang rusak.


Penulis : A. Lubis
www.posmetrosumut.com

Baca Juga:
Advertise

This post have 0 comments

Next article Next Post
Previous article Previous Post