Sabtu, 08 Juli 2023

POSMETROSUMUT.COM | LABUHANBATU - Masyarakat Desa Sennah Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu, mengapresiasi dan merasa puas terhadap program Pemerintahan Desa Sennah perihal perbaikan Jalan utama perkebunan yang mengarah kebun milik masyarakat.


POSMETROSUMUT.COM | LABUHANBATU - Masyarakat Desa Sennah Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu, mengapresiasi dan merasa puas terhadap program Pemerintahan Desa Sennah perihal perbaikan Jalan utama perkebunan yang mengarah kebun milik masyarakat.

 

Salah satu masyarakat yang ditemui oleh awak media ini mengatakan "Semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan sehingga kami masyarakat desa dapat dengan mudah saat akan bekerja ke ladang, kami sangat mendukung jika progam membangun seperti ini selalu di utamakan," ungkapnya, pada Sabtu (8/7/2023).


Berdasarkan informasi yang dihimpun dilapangan, Masyarakat yang diketahui bernama M. Siburian warga desa Sennah yang turut serta bergotongroyong dalam memperbaiki jalan tersebut mengatakan, bahwa dirinya sungguh sangat ikhlas dan merasa senang dalam bergotongroyong kali ini. "Dia juga mengatakan setelah jalan menuju kebun masyarakat diperbaiki, menimbang buah kelapa sawit jadi mudah," ungkapnya.


Kepala Desa Sennah, Horas Lumban Gaol, kepada awak media ini turut membenarkan kegiatan tersebut. Puji tuhan kegiatan seperti ini akan terus lakukan perawatan sampai jalan menuju perkebunan masyarakat tersebut dapat dilalui dengan mudah," ujarnya.


"Bayangkan saja Pak hasil perkebunan kelapa sawit masyarakat di desa kita ini mencapai hampir empat ratus ton perhari dan akses jalan ke perkebunan sawit masyarakat harus dijaga sehingga mempermudah masyarakat saat mengeluarkan hasil panen," jelas Horas.


Selain itu, Kepala Desa juga turut memaparkan bahwa untuk tahun ini Dana Desa Anggaran Tahun 2023 yang dialokasikan untuk perbaikan jalan ini sebesar Rp.140.000.000,- (seratus empat puluh juta rupiah) belum termasuk pajaknya. Untuk tahun ini akan kita adakan 100 dump batu gunung gajah kubikasinya bervariasi antara 6 dan 8 meter per dumpnya untuk menutupi jalan-jalan perkebunan sawit Masyarakat yang berlubang. "Kita sediakan batu gunung gajah nya dari Anggaran Dana Desa Tahun 2023 dan untuk meratakan nya Kita lakukan dengan cara bergotongroyong," imbuh Kades.


Untuk kedepan, beberapa jalan menuju perkebunan sawit masyarakat yang akan mendapatkan perbaikan jalan adalah Pasar Empat Rawa Makmur, Pasar Empat Dusun Bomban Bidang A, dan Primeter. Untuk tempat lainnya nanti pasti kita alokasikan bila ada kelebihan Batu Gunung Gajah, karena dari hasil laporan masyarakat jalan inilah yang rusak parah.


Selaku Kepala Desa Sennah, saya juga memohon agar kiranya kita sama-sama mendoakan agar program ini dapat berjalan dengan baik sehingga kedepannya Kami dapat merancang perdes yang mengarah kepada asas gotong royong yaitu pengutipan retribusi hasil panen Rp.5,-/kg nya untuk perawatan jalan perkebunan sawit Masyarakat karena kalau dihitung mungkin hampir Rp.1.000.000.000,- (satu milyar rupiah) nanti Kita dapatkan dana dari pengutipan ini pertahunnya sehingga semua jalan perkebunan Masyarakat dapat diperbaiki secara merata seperti daerah reformasi dan Jalan Pasar Dua juga Pasar Satu dusun Beringin setidaknya dapat dilintasi mobil pengangkut TBS jenis Pickup," jelasnya.


Penulis : Firman Sinaga
www.posmetrosumut.com

Baca Juga:
Advertise

This post have 0 comments

Next article Next Post
Previous article Previous Post