Senin, 07 Agustus 2023

DPW 234 SC SUMUT, Apresiasi Stand Melayu Sabet Empat Gelar PSBD

POSMETROSUMUT.COM | SUMUT - Stand Etnis Melayu di Arena Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) V Asahan tampil sebagai Juara Umum III dengan menyabet 4 gelar terbaik, untuk Juara Umum pertama ditempati Stand Etnis Jawa sedangkan Juara Umum ke- II diraih Stand Etnis Tabagsel, melalui  hasil penilaian diumumkan Dewan Juri pada acara penutupan, Minggu (06/08/2023).


Keempat gelar terbaik tersebut berhasil diraih Stand Etnis Melayu masing-masing Tebaik I Katagori Penampilan Adat Tradisi , Terbaik II kategori Seni Bangunan Rumah Adat, Terbaik II kategori Karya Seni Budaya dan Terbaik III kategori Penampilan Devile Pawai.


Hal tersebut diapresiasi oleh DPW 234 SC SUMUT (Sumatera Utara) dalam hal ini Octo GM Simangunsong, S.H sebagai Ketua DPW yang mengatakan bahwa hal tersebut sangat perdampak positif terhadap menjaga budaya yang ada di Kab. Asahan. Apalagi dengan pencapaian yang telah diraih khususnya kepada Tengku M. Husyairi, S.STP yang telah berhasil membawa Stand Etnis Melayu mendapatkan Juara Umum III, terangnya.


Bupati Asahan, H. Surya pada acara penutupan PSBD V Asahan tersebut mengatakan, secara nyata pelaksanaan PSBD yang menyertakan keterlibatan 14 etnis di Kabupaten Asahan ini berlangsung sukses, terbukti mampu menjadi wahana terhadap pelestarian budaya masing-masing etnis yang ada, bahkan pagelarannya selama lebih kurang dua minggu ini sekaligus pula menjadi event resmi kebanggaan masyarakat Asahan, ungkapnya


“Meskipun fokus pelaksanaan PSBD ini utamanya penampilan eksistensi etnis, namun pelaksanaannya justru mampu menggerakkan roda ekonomi masyarakat bahkan menjadi sarana hiburan, selama berlangsung kegiatan ini, masyarakat terlihat antusias menyaksikannya”, ujar Sang Bupati sembari menambahkan pada pelaksanaan mendatang sekiranya dapat ditingkatkan lebih baik lagi.


Ketua Pengurus Daerah Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PD MABMI) Asahan, Tengku M. Husyairi, S.STP sekaligus sebagai Penanggung Jawab Rumah Etnis Melayu di Komplek Lapangan PSBD Ke V mengatakan, pihaknya merasa bersyukur atas predikat yang dicapai pada perhelatan ini, sebab Etnis Melayu dapat memberikan eksistensi penuh pada pagelaran dua tahunan yang diikuti 14 etnis ini.


“Syukur Alhamdulillah, ternyata upaya serta usaha segenap pengurus dan pihak-pihak yang berkontribusi dalam menyukseskan penampilan Stand Etnis Melayu di PSBD dapat membuahkan hasil, meski hasil diraih belum maksimal, namun predikat diperoleh menjadi motivasi mendapatkan hasil lebih baik lagi di masa mendatang”, ujar Tengku M .Husyairi yang juga  menjabat Kepala Seksi SMA & Pendidikan Khusus Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara dimana Sebelumnya Pernah Menjabat Kasi SMA Cabdis Kisaran Dulunya Sekarang Berubah Nomenklatur Cabdis Wilayah V.


Lebih lanjut kata, Ketua PD MABMI Asahan ini, pihaknya tidak lupa menyampaikan terima kasih dan rasa hormat yang setinggi-tingginya kepada Gubsu, H. Edy Rahmayadi gelar Dato' Laksamana Naradiraja, Ketua Umum PB.Mabmi H.Syamsul Arifin gelar Dato' Sri, Ketua PW. Mabmi Sumatera Utara Ir. H. Zahir, M.Ap gelar Datuk Setia Abiyasa Negara, Bupati Asahan H. Surya, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, unsur Forkopimda Asahan, Ketua Panitia Pelaksana PSBD V, Nauli Siregar serta masyarakat luas yang ikut menyukseskan pelaksanaan event kebanggaan segenap masyarakat Pantai Timur Sumatera Utara khususnya Asahan ini.


Menanggapi perolehan diraih Stand Etnis Melayu di PSBD V khususnya penampilan panggung, Penasehat PD MABMI Asahan, Dato’ Muda Zaid Afif, S.H, M .Hum mengatakan, secara nyata penampilan panggung yang diperlihatkan Etnis Melayu terbukti menjadi inspirasi bagi etnis-etnis lain yang tampil di PSBD V. hal ini tidak terlepas dari peran Tengku  M. Husyairi yang bisa membangkitkan semangat juang berbagai organisasi yang dipimpin bahkan menggairahkan semangat para sepuh MABMI ini harus diapresiasi.


“Penampilan panggung Etnis Melayu terbukti dapat memukau pengunjung, sebab alunan musik serta lantunan lagunya begitu akrab di telinga masyarakat, wajar saja saat penampilannya mendapat sambutan meriah, dan ini menjadi bukti jika penampilan panggung dapat menginspirasi etnis lain dipelakaanaan PSBD berikutnya”, kata Zaid Afif.


Besar harapan dan keyakinan saya, kepada saudara Tengku M. Husyairi dalam memimpin masyarakat adat budaya melayu indonesia asahan, mampu menguatkan dan mewarnai kembali peradaban melayu dikalangan anak anak muda, agar lebih mencintai budaya asli nusantara, serta berharap saudara tengku juga mampu merangkul dan melibatkan elemen elemen muda seperti DPC 234 SC Asahan dalam menjalankan pengembangan dan pelaksanaan program kebudayaan melayu di asahan. Agar kiranya kita anak muda yg sukses dengan mengenal budaya. Dan besar harapan saya agar kedepannya MABMI Asahan dan DPC 234SC Asahan mampu saling bersinergi untuk hal-hal yg positif di Asahan kedepannya, tutup Octo GM Simangunsong, S.H.


Penulis : A. Halim
www.posmetrosumut.com

Baca Juga:
Advertise

This post have 0 comments

Next article Next Post
Previous article Previous Post