Senin, 14 Agustus 2023

Melalui Fasilitas KUR, PT Bank BRI Rantauprapat Dukung Program PSR

POSMETROSUMUT.COM | LABUHANBATU - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) BRI Cabang Rantauprapat terus berkolaborasi dan mendukung berbagai kegiatan maupun program yang ada di daerah, salah satunya Program Peremajaan Sawit Raya (PSR). Melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR), PT BRI Rantauprapat siap berperan aktif mensukseskan kegiatan replanting kebun yang ada.

Hal tersebut disampaikan Pemimpin Cabang (Pinca) BRI Rantauprapat Winoto melalui Pemimpin Cabang Pembantu Aek Kanopan Zuhri Mayandi kepada media, Senin (14/8/2023). Bentuk dukungan yang dimaksud, menurut Zuhri Mayandi dengan memfasilitasi pinjaman kepada petani untuk pembiayaan replanting.

“Hal ini sudah beberapa kali bahkan setiap tahun selalu disosialisasikan, namun sampai dengan saat ini belum ada satupun kelompok tani yang mengajukan kredit dimaksud dengan pelayanan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) Khusus kepada kelompok tani agar dapat melakukan replanting lahan kelapa sawit di wilayahnya masing-masing,” katanya.

Bentuk dukungan lain, sambung Zuhri, pihak Bank BRI Rantauprapat juga ikut serta dan hadir sebagai narasumber dalam sosialisasi peremajaan sawit raya yang digelar Dinas Pertanian Labura pada Kamis (10/8/2023).

“Sosialisasi itu bertujuan untuk menjaga kelangsungan usaha perkebunan rakyat Kabupaten Labuhanbatu Utara yang ditujukan kepada kelompok tani kelapa sawit yang berada di Labura. Hal ini dilakukan oleh Pemda Labura sehubungan usia tanaman kelapa sawit rakyat 92% umurnya sudah lebih dari 25 tahun bahkan ada yang sudah mencapai 25 tahun. Para petani belum melakukan replanting (pembaharuan) tanaman karena keterbatasan biaya pengolahan, dan pada masa pengolahan lahan petani tidak memiliki penghasilan,” pungkasnya.

“Dalam kondisi ini, Pemkab Labura segera mengambil tindakan prefentif untuk menjembatani permasalahan ini, karena bila dibiarkan akan berdampak pada perekonomian keluarga dan juga hasil produksi kelapa sawit akan mengalami penurunan tajam yang pada akhirnya akan mengganggu penyediaan bahan baku TBS di Pabrik pabrik pengolahan kelapa sawit,” jelasnya.

Selain PT. Bank BRI Rantauprapat, juga dihadirkan narasumber dari dinas terkait yaitu Badan Pertanahan Nasional dan PT. Siringo ringo sebagai salah satu pengusaha perkebunan kelapa sawit besar di Sumatera Utara.

Dalam kegiatan ini diundang juga Perusahaan perkebunan besar dan kelompok tani di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Kelompok tani sangat antusias dan akan terus berkoordinasi dengan Pemda Labura agar program ini dapat terlaksana dengan baik.

Bank BRI dalam kegiatan kredit pembiayaan program perkebunan telah dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia sejak tahun 1975  berupa kredit  P3RSU, PIR Lokal, serta PIR Trans dan oleh pemerintah dinilai berhasil.

Penulis : Randi
Baca Juga:
Advertise

This post have 0 comments

Next article Next Post
Previous article Previous Post