Senin, 07 Agustus 2023

Pengerjaan Rabat Beton Desa Psr IV Namo Trasi Diduga Asal Jadi dan Terindikasi Korupsi


POSMETROSUMUT.COM | LANGKAT - Pekerjaan rabat beton yang bersumber dari dana desa tahun 2023 di Dusun II Pondok Besar, Desa Pasar IV Namo Trasi, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara jadi sorotan. Minggu (6/8/2023).


Pasalnya pekerjaan Rabat Beton tersebut yang bersumber dari dana desa tahun 2023 diduga di kerjakan asal jadi dan terindikasi korupsi karena baru beberapa bulan selesai dikerjakan sudah mengalami kerusakan padahal biaya yang di habiskan Rabat beton tersebut dengan volume 70X3 meter dan nilai kegiatan Rp.87,469,000.


Biaya tersebut jauh lebih besar dari pekerjaan Rabat beton yang sama di desa lain dengan volume 170X2.5 meter menghabiskan anggaran Rp.87.238.000 dan Volume 120X2,5 meter menghabiskan anggaran Rp.64.140.000 padahal lokasi pekerjaan jauh dari pemukiman dan sulit dalam penyaluran bahan material namun hasilnya bagus.


Menurut salah seorang warga yang tidak ingin disebutkan namanya berisial IH mengatakan kepada wartawan jika selama ini semua jenis pekerjaan bangunan yang menggunakan anggapan dana desa di desa pasar IV Namo Trasi di kelola oleh sekretaris desa (Sekdes)  bersama Dwi yang juga berstatus sebagai anak kepala desa Pasar IV Namo Trasi,“ ujar warga tersebut.


Pengerjaan Rabat Beton Desa Psr IV Namo Trasi Diduga Asal Jadi dan Terindikasi Korupsi

Sekdes Dwi saat di konfirmasi wartawan via Whatsapp Nomor +62 813-9681-xxxx mengatakan " paak saya bukan kepala desaj, adi gak usah ngelapor sama saya, Pahaam kan," ujarnya.


Sekdes tersebut juga tidak bersedia memberikan nomor seluler kades namun mengarahkan agar silahkan datang kerumah sehingga wartawan belum mendapatkan hasil konfesmasi lebih lanjut hingga berita ini naik kepermukaan.


Diharapkan kepada instansi pemerintah terkait agar melakukan pemeriksaan pekerjaan rabat beton yang diduga dikerjakan asal jadi dan terindikasi korupsi karena baru beberapa bulan selesai dikerjakan sudah mengalami kerusakan padahal biaya yang di gunakan cukup besar dengan volume yang sedikit dari desa lain yang volumenya lebih besar untuk jenis pekejaan yang sama.


Apalagi sesuai hasil laporan monitoring dan evaluasi anggaran pendapatan dan belanja desa semester 1 tahun anggaran 2023 oleh tim dinas Pemberdayaan masyarakat dan desa Langkat dikecamatan sei bingai pada tanggal 11 juli 2023 untuk Desa Pasar IV Namo trasi ditemukan buku kas umum tidak ditutup setiap akhir bulan (tidak sesuai permendagri 20 tahun 2018 pasal 63 ayat 3), Pengajuan SPP tidak sesuai dengan permendagri 20 tahun 2018 pasal 53 ayat 2, Pajak belum dibayar dan seluruh administrasi umum tidak ada.


Penulis : Roby Tarigan
www.posmetrosumut.com

Baca Juga:
Advertise

This post have 0 comments

Next article Next Post
Previous article Previous Post