Kamis, 05 Oktober 2023

author photo
POSMETROSUMUT.COM | LABUHANBATU - Masyarakat Desa Aluran Naga Dusun VII 1tidak mengakui Romian br Nainggolan miliki tanah di aluran naga dusun VII


POSMETROSUMUT.COM|LABUHANBATU - Masyarakat Desa Aluran Naga Dusun VII tidak mengakui Romian br Nainggolan miliki tanah di aluran naga dusun VII, kami tahun delapan puluhan sudah berladang di aluran naga ini kami siap jadi saksi kemanapun di bawa  kata salah seorang oppung br tinjak. 


Salah seorang masyarakat yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan "Adapun tanah yang di tanami pohon karet di tanah Mian Dorasi martogi boru pasaribu, itu adalah tanaman almarhum bapak Dorasi br Pasaribu sewaktu hidupnya dan kebun sawit di samping ladang kami ini pun itu adalah milik almarhum bapak sidorasi, rata - rata semua penduduk dusun ini mengakuinya bahkan tanda tangan masyarakat pun ada di kepala dusun dimana bunyinya itu adalah milik si Dorasi.


Saat awak media bertanya kenapa bisa orang lain memanen Tampa seijin Dorasi? kamipun tidak tau pak, apakah Dorasi jarang disini? dulu sejarahnya panjang pak, tahun 90 puluhan orang tua laki - laki Dorasi meninggal pada saat itu Dorasi Masih kecil, berselang beberapa tahun kemudian mamak nya Dorasi pun meninggal dunia, kebetulan paman Dorasi tinggal di Aek Nabara kecamatan bilah hulu kabupaten Labuhanbatu, disitulah Dorasi di besarkan.  


Semenjak itulah ladang Dorasi telantar, Beberapa tahun setelah itu dorasi pun turunlah ke aluran naga ini dan tinggal di rumah almarhum orang tuanya, Dorasi orang nya baik mudah - mudahan tuhan pasti akan melindungi dianya, karena dia adalah anak almarhum sematawayang dan patut di contoh dia berupaya membawa saring - saring orang tuanya ke Bona pasogit. 


Seperti patik palimahon yang berbunyi ikkon pasapon mu do natorasmu itulah yang di lakukan Dorasi di kampung ini, jadi kalau adapun ladang Dorasi di sini itu memang benar kami satu kampung ini siap jadi saksi bila penting bapak minta tanda tangan kami ke kadus," katanya. 


Dilain waktu awak media berkunjung kerumah Kadus menanyakan apakah memang ada tanah mian Dorasi martogi di dusun ini pak Kadus? Kadus marnaek Butar - Butar mengatakan "memang ada pak satu tempat 2 ha di samping landang br tinjak istri almarhum Pasaribu ada 1 ha itu pak saya siap jadi saksi suratnya pun itu ada orang tua saya masih hidup kok boleh di tanya orang tua saya lah dulu yang ikut mengukur ladang itu untuk almarhum orang tua dorasi. jadi kalau adapun mengaku - ngaku itu ladangnya, itu tidak benar. saya Kadus di sini adapun jual beli tanah di sini saya pasti tau dan harus tau karena saya lah yang di percayakan pihak pemerintah sebagai Kadus di dusun ini dan saya juga besar disini," pungkasnya. 


Penulis : Tim (Red) 

www.posmetrosumut.com

Baca Juga:
Advertise

This post have 0 comments

Next article Next Post
Previous article Previous Post