Minggu, 10 Desember 2023

author photo
Potret Tim Pelatih Kewirausahaan Membatik

POSMETROSUMUT.COM|MEDAN - Prodi Tadris Bahasa Indonesia (Tbind) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan dinaungi Ibu Kepala Prodi Rina Devianty, S.s., M.Pd melakukan praktek membatik yang menjadi program praktek lapangan matakuliah Kewirausahaan oleh Dosen pengampu ibu Nurhalimah, M.Pd dan bapak Muhammad Fuad Zain, M. Pd dikelas Tbind-1 dan Tbind-2 Semester 1 diikuti seluruh mahasiswa/i yang berjumlah kurang lebih 90 orang. Sabtu,(09/12/2023)


Adapun pelaksanaannya dilakukan di Batik Pelopor Jaya Medan pada pukul 08.00 s/d selesai. Rangkaian kegiatannya yakni, Pengukiran batik melakukan dengan 2 pilihan yakni tehnik mencanting dan mencetak, jika menggunakan tehnik mencanting maka dipoles dengan malam (lilin mencair). Setelah pengukiran motif batik maka masuk ke tahap mewarnai batik dengan merendam batik dalam air cat sesuai keinginan dengan beberapa tahapan cat.


Kepada awak media, Nurhalimah, M.Pd selaku perwakilan Dosen Prodi Tbind UINSU mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami, apalagi batik sebagai identitas budaya Indonesia dan sangat menambah pengetahuan dan pengalaman kami sebagai Mahasiswa untuk mencintai produk lokal khususnya suatu saat kelak mampu memperkenalkannya di global dan internasional, ucapnya. 


"Salah satu tujuan kami melaksanakan program ini adalah sebagai komitmen bahwa kami akan terus membudayakan bahkan mengembangkan produk asli Indonesia", ungkap Nurhalimah. 


Kemudian untuk tahapan terakhir dilakukan pengeringan setelah itu selesai. Kegiatan tambahan yakni makan bersama yang diadakan oleh ibu Sri Wahyuni selaku pemilik produksi batik dan melakukan beberapa dokumentasi.


Adapun tujuan dari pelatihan membatik ini merupakan salah satu program kewirausahaan yang besar harapan dapat direalisasikan mahasiswa dalam kehidupan untuk menunjang perekonomian ke depan yang lebih baik dan cinta produk batik Indonesia. 

Penulis : A Halim

www.posmetrosumut.com

Baca Juga:
Advertise

This post have 0 comments

Next article Next Post
Previous article Previous Post