Sabtu, 16 Maret 2024

author photo


POSMETROSUMUT.COM | DELI SERDANG - Proyek Bendungan Lau Simeme di Kecamatan Biru-biru, Kabupaten Deli Serdang, saat ini masih dalam proses pengerjaan oleh pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera II. Polda Sumut akan mengawal proyek ini hingga tuntas.


"Proyek strategis nasional ini tentu untuk kebermanfaatan masyarakat dan Polda Sumut akan mengawal proyek ini sampai tuntas," kata Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Effendi, Sabtu (16/3/2024).


Agung mengatakan bahwa dirinya telah mengecek langsung proyek bendungan itu. Menurutnya, bendungan ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk mendukung lahan pertanian di Sumut. Untuk itu, dia meminta tidak ada pihak yang boleh menghalangi pembangunan bendungan itu.


"Pembangunan bendungan ini sudah mengikuti aturan dan terencana, seperti terbitnya SK Penetapan Area Kerja (PAK) dari Menteri Kehutanan, izin pinjam pakai sudah keluar serta izin pelepasan hutan," jelasnya.


Kapolda Sumut itu menyebut manfaat bendungan ini bukan hanya menampung air hujan dan mencegah banjir, tetapi juga nantinya menjadi sumber utama pembangkit listrik, jaringan irigasi petani serta menjadi sumber air bersih, destinasi wisata dan olahraga air.


Nantinya, air yang disimpan di dalam bendungan dapat dialirkan ke lahan pertanian melalui sistem irigasi, sehingga dapat membantu meningkatkan produktivitas pertanian


"Hal ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan petani, dan meningkatkan produksi pangan," ujarnya.


Manfaat lainnya, ujar Agung, adalah pengendalian kekeringan. Nantinya, bendungan dapat memastikan pasokan air yang cukup untuk keperluan masyarakat terutama untuk air minum dan pertanian. Bendungan juga bermanfaat menahan banjir bandang yang terjadi akibat cuaca ekstrem, seperti hujan lebat dan longsor.


Camat Biru Biru Dany Mulyawan mengatakan manfaat bendungan ini jika selesai pengerjaannya akan sangat dirasakan oleh masyarakat.

"Jika proyek ini selesai, pasti sangat bermanfaat untuk masyarakat," kata Dany Mulyawan selaku camat biru biru.


Penulis: Red

www.posmetrosumut.com

Baca Juga:
Advertise

This post have 0 comments

Next article Next Post
Previous article Previous Post