Selasa, 26 Maret 2024

author photo


POSMETROSUMUT.COM | LANGKAT - Proyek yang di diduga siluman dan asal jadi terus menjadi perhatian warga pada pelaksanaannya pada Pembangunan Pintu Air tahun 2023 di Dusun 5 Desa muka paya kecamatan hinai kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara.Selasa (26/3/2024)


Padahal pintu air tersebut sangatlah diharapkan warga untuk  membatu sebagai penahan air agar saat musim penghujan di Desa pantai cermin. Desa lalang dan Desa muka paya baru tidak banjir saat musim penghujan.


Namun anehnya baru beberapa bulan selesai dikerjakan dan dibangun tapi sudah jebol kembali sedangkan belum di musim penghujan.


Dari informasi yang berhasil di kumpulkan wartawan di lapangan jika pembanguan pintu air dikerjakan dan selesai pada tahun 2023 kemarin dan karena jebol kembali terlihat ada pekerjaan perbaikan di tahun 2024 ini.


Hal tersebut menurut warga penyebab jebolnya pondasi penahan tanah dan pintu air bendungan di karenakan ketebalan tembok minim dan volume material yang digunakan tidak sesuai standart yang seharunya sehingga saat pelaksanaan pekerjaan terkesan asal jadi demi keuntungan oknum-oknum tertentu.


Selain itu dari awal pengerjaan di tahun 2023 hingga perbaikan di tahun 2024 ini serba dirahasiakan karena tidak diketahui papan plank informasi publik untuk nilai anggaran dan perusahaan yang mengerjakan serta sumber anggarannya dari mana. 


" dari awal pelaksanaan pengerjaan sudah banyak di temukan kesalahan dan akhirnya terbukti belum apa-apa udah jebol padahal air belum banyak, apalagi nantinya di musim penghujan nanti". Ujar amat 


" Saat ini sudah diperbaiki lagi pintu air yang jebol namun standar kualitas untuk ketahanan bangunan masih seperti sebelumnya yang minim material besi pada tembok cor2an sehingga ketahanan masih sama seperti sebelumnya yang mudah jebol ". Katanya lagi


Perkumpulan (FMK) Forum Masyarakat Kritis Kabupaten Langkat R. Hendrawan T. A.md berharap agar instansi-intsansi pemerintah terkait agar melakukan audit yang benar mengenai standar dan proses pelaksaan pembangunan pintu air tersebut karena jika pelasanaan di kerjakan tidak sesuai standart yang semestinya agar segara di tindak apalagi bangunan pintu air tersebut sangatlah  banyak yang di rugikan jika dikerjakan asal jadi.


Muhammad Yusuf Nasution ST Sebagai Kabid Sumber daya air  Dinas PUPR Langkat saat di konfirmasi wartawan via seluler menjelaskan Jika pekerjaan pintu air muka paya tertampung dalam anggaran P Provinsi Sumut karena merupakan bagian dari aset Provinsi Sumut dan untuk pengawasan di lakukan langsung oleh pengawas dari provinsi Sumut. 


Ditempat terpisah salah satu pejabat PUPR Langkat Ansari via seluler mengatakan jika pekerjaan itu sudah baik hasilnya dan mengirimkan foto baru perbaikan yang di kirim propinsi, selanjutnya mengarahkan wartawan agar mencoba kordinasi dengan PU Provinsi terkait hal-hal yang di pertanyakan selanjutnya. Katanya singkat.


Penulis: Roby Tarigan/tim

www.posmetrosumut.com

Baca Juga:
Advertise

This post have 0 comments

Next article Next Post
Previous article Previous Post