Sabtu, 06 April 2024

author photo


POSMETROSUMUT.COM | LABUSEL - Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M dan memastikan ukuran minyak di SPBU stabil, Dinas Perindustrian Dan Perdagangan melalui Bidang Metrologi Legal Kab. Labuhanbatu Selatan (Labusel) bersama Polres Labusel melalui Satreskrim Unit Pidsus melakukan Sidak Uji Terra terhadap ukuran bahan bakar minyak yang ada di SPBU diwilayah Kab. Labusel, Jum’at (5/4/2024).


Adapun SPBU yang menjadi tempat uji Terra tersebut adalah SPBU 14 214 288 Titi Kembar Kotapinang dan SPBU 14 214 266 Blok Songo Desa Sisumut.


Bupati Labuhanbatu Selatan melalui Kadis Koperasi UMKM dan Perdagangan Drs H. Junjung Hrp. MM dalam keteranganya meyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memastikan alat Ukur Takar Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) di wilayah Kab. Labusel memiliki Cap Tanda Tera (CTT) yang berlaku sehingga pengukuran, penimbangan dan penakaran ya dipastikan kebenaranya.


Pada saat melakukan pengawasan terhadap salah satu UTTP yakni Pompa Dispenser Bahan Bakar Minyak pada SPBU 14 214 288 titi kembar kotapinang dan SPBU 14 214 266 Blok Songo Desa Sisumut, tim gabungan pengawasan tidak menemukan adanya Cap Tanda Tera (CTT) atau segel yang rusak dan tidak berlaku lagi.


Selanjutnya dilakukan pengujian terhadap Pompa Dispenser Bahan Bakar Minyak tersebut dengan Bejana Ukur Standard (BUS) oleh Kabid Metrologi Akhiruddin Siregar ST dan hasilnya tidak ditemukan takaran yg kurang ataupun lebih dari Batas Kesalahan yang Diijinkan (BKD) sesuai UU No 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal.


Sementara itu Kasat Reskrim AKP Gurbacov, S.I.K., M.H., M.Krim mengatakan, pada saat melakukan uji Terra di SPBU 14 214 288 Titi Kembar, petugas penguji menemukan pada Pompa BBM jenis Bio Solar setelah dilakukan pengujian pada Bejana Standard diketahui dari alat ukur minus 40 Mili dan pada pompa BBM jenis Pertalite diketahui dari alat ukur kekurangan 15 Mili dan masih dalam batas yang diijinkan/BKD


Dan pada SPBU 14 214 266 Blok Songo Desa Sisumut ditemukan bahwa pada pompa BBM jenis Bio Solar didapati minus 75 Mili.


“Dan pada pompa BBM jenis Pertalite setelah diuji Terra tidak didapati kekurangan ukuran yang artinya BBM yang dikeluarkan stabil dan pas,” sambung AKP Gurbacov.


Setelah melakukan uji Terra, petugas menghimbau kepada pihak management kedua SPBU tersebut untuk melakukan pelayanan yang baik pada masyarakat terkhusus pada saat menyambut dan Haru Raya Idul Fitri tahun 2024.


Penulis: Red

www.posmetrosumut.com

Baca Juga:
Advertise

This post have 0 comments

Next article Next Post
Previous article Previous Post