Kamis, 01 Agustus 2024

author photo


POSMETROSUMUT.COM | LANGKAT - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun 2025 terlaksana dengan lancar dan sukses yang dilaksanakan Pemerintah Desa Purwobinangun, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat,  Provinsi Sumatera Utara. Kamis (1/8/2024)


Acara tersebut dipimpin langsung Kepala Desa Purwobinangun Rismawati yang dihadiri Camat Sei Bingai Thomas Sitepu SE, Babinkamtibmas, Babinsa dan tokoh masyarakat serta warga Desa Purwobinangun yang bertujuan untuk menjaring aspirasi dari masyarakat desa guna menentukan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP) tahun 2025.


Camat Sei Bingai Thomas SE Sitepu dalam kata sambutannya mengatakan Musrenbang Desa Purwobinangun menjadi wadah bagi masyarakat desa untuk berpartisipasi aktif dalam perencanaan pembangunan Desa.


"Tujuan utama Musrenbang Desa Purwobinangun adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan dan prioritas pembangunan yang dapat didanai oleh pemerintah. Dalam merumuskan RKP Desa tahun 2025, aspirasi dari masyarakat menjadi faktor penting yang akan dipertimbangkan oleh pemerintah desa dan camat dalam pengambilan keputusan". Ujarnya 


Kepala Desa Purwobinangun Rismawati mengatakan Partisipasi aktif masyarakat dalam Musrenbang Desa Purwobinangun sangatlah penting karena melalui kegiatan ini, masyarakat memiliki kesempatan untuk memberikan masukan dan pendapat mereka tentang apa yang diperlukan untuk kemajuan desa. 


"Dengan demikian, rencana pembangunan yang dibuat akan lebih sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat dan diharapkan tercipta sinergi antara masyarakat, pemerintah desa, dan camat dalam mengembangkan desa secara berkelanjutan".


"Dengan adanya partisipasi aktif dari masyarakat, diharapkan pembangunan desa dapat lebih efektif dan tepat sasaran. Dalam menjalankan kegiatan Musrenbang ini, pemerintah desa dan camat akan melibatkan seluruh elemen masyarakat desa Purwobinangun agar aspirasi yang disampaikan benar-benar merangkum kebutuhan dan harapan dari setiap lapisan masyarakat". Ujarnya 


Pada acara Musrenbang ini terlihat perwakilan warga desa bergantian menyampaikan ide, usulan, dan masalah yang dihadapi oleh masyarakat secara langsung kepada pemerintah desa yang diantaranya perbaikan jalan, lahan untuk pemakaman umum dan tersedianya Ambulance sesuai dengan kebutuhan.


Semua usulan warga di terima Kades Purwobinangun dan dilanjutkan kades memberikan penjelasan sehingga mengetahui mana yang menjadi prioritas nantinya sehingga kegiatan acara musrenbang berjalan dengan lancar dan tertib yang di akhiri dengan acara makan siang bersama.


Penulis: Roby Tarigan

www.posmetrosumut.com

Baca Juga:
Advertise

This post have 0 comments

Next article Next Post
Previous article Previous Post