Jumat, 09 Agustus 2024

author photo


POSMETROSUMUT.COM | PADANG - Penggalian atau Eshumasi makam Afif Maulana di tempat pemakaman umum (TPU) tanah sirah, kelurahan Tanah Sirah Piai Nan XX , Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang berjalan dengan baik hari Kamis(08/08/2024).


Penggalian Makam Afif Maulana dimulai pada pukul 07.30 WIB dengan titik area pembongkaran yang diberi garis polisi dan di jaga oleh pihak kepolisian dari Mapolresta dan Polda Sumbar. 


Proses Eshumasi yang dilakukan atas permintaan keluarga korban di dampingi LBH Padang serta di saksikan langsung oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol. Suharyono. 


Masyarakat, keluarga Afif Maulana serta perwakilan dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) turut hadir dalam proses pembongkaran makam yang selesai pada pukul 09.00 WIB dan Jenazah dibawa ke RSUP M Djamil Padang untuk pemeriksaan oleh dokter Forensik. 


"Dokter yang menangani kegiatan Ekshumasi  adalah dokter yang sudah puluhan tahun yang berpengalaman dalam melaksanakan pekerjaan ,"Ujar  Kapolda Sumbar Irjen Pol. Suharyono. 



Alhamdulillah untuk tahap pertama kegiatan Ekshumasi pada hari ini berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana dan kita serahkan saja kepada ahlinya, karena yang menangani adalah dokter Forensik yang sudah  profesional , " Tegas Irjen Pol. Suharyono. 


Lebih lanjut Kapolda menekankan bahwa pelaksanaan Ekshumasi ini tidak di tangani oleh dokter dari Polri , melainkan dari profesional dan akademisi. 



"Kami hanya mendampingi demi kelancaran kegiatan atau proses Ekshumasi terhadap jasad Afif Maulana dan kami yakini akan tetap tegak lurus dan tidak ada merekayasa. Kami akan tetap profesional menangani hal ini termasuk pelaksanaan Ekshumasi hari ini untuk memastikan tidak ada tindak pidana, " Ungkap Kapolda Sumbar. 



Dokter yang melakukan Ekshumasi terhadap jasad Afif Maulana yaitu Ade Firmansyah Sugiharto (RSCM) Rika Susanti (Unand) , Sigit Lintang Kirana(Undip), Baiti Adayati (PB PDFMI) Andriansyah Lubis (USU) . 


Penulis: Rizki Ahmad Rifandi

www.posmetrosumut.com

Baca Juga:
Advertise

This post have 0 comments

Next article Next Post
Previous article Previous Post