Selasa, 22 Oktober 2024

author photo
pemuda katolik
POSMETROSUMUT.COM | MEDAN - Pemuda Katolik (PK) akan menggelar Kongres Nasional XIX di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, pada 24-29 Oktober 2024. Kongres ini menjadi forum tertinggi organisasi untuk mengevaluasi kinerja serta menentukan arah masa depan, termasuk pemilihan Ketua Umum (Ketum) Pengurus Pusat Pemuda Katolik.

Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Sumatera Utara berharap Kongres Nasional yang juga sekaligus sebagai ajang Pemilihan Ketua Umum berjalan dengan sukses dan lancar, sehingga membawa organisasi ke arah yang lebih baik serta mewujudkan visi besar untuk memperkuat peran Pemuda Katolik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ketua Komda Sumatera Utara Parulian Silalahi menyatakan dukungan penuh kepada Stefanus Asat Gusma (Ketua Umum saat ini) untuk kembali memimpin organisasi di periode kedua. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya dukungan secara terang benderang yang dinyatakan oleh seluruh Komcab se Sumatera Utara saat Pelantikan Komda Sumut di Medan pada 12 Oktober 2024 lalu.

Gusma dinilai telah berhasil membawa banyak perubahan positif selama masa kepemimpinannya, termasuk memperkuat dialog antar umat beragama, menjalin kerjasama dengan beberapa kementerian, meningkatkan partisipasi kader dalam pesta demokrasi, dan mengembangkan program-program strategi yang berdampak luas.

Ketua Pemuda Katolik Komda Sumut, Parulian Silalahi menjelaskan bahwa Gusma adalah sosok yang telah membuktikan dirinya sebagai pemimpin yang cerdas, pekerja keras, dan penuh dedikasi.

“Tidak ada alasan bagi kami untuk tidak memberikan dukungan penuh kepada Ketum Gusma untuk memimpin kembali. Sehingga patut dan sepantasnya mendukung Ketum Gusma 2 (dua) Periode, karena kinerja dan prestasinya selama periode pertama menunjukkan bahwa ia adalah sosok yang tepat untuk satu periode lagi membawa Pemuda Katolik untuk naik kelas,” ungkap Parulian.

Slogan “Pemuda Katolik Reborn And Grow Further” yang diusung oleh Gusma selama kepemimpinannya telah menjadi inspirasi bagi banyak kader di berbagai daerah.

Saat ini Gusma mengusung slogan “Grow Further and Level Up” dengan maksud dan tujuan mengajak Pemuda Katolik untuk terus tumbuh bersama, berkembang, dan naik level, baik dalam hal pengabdian kepada gereja maupun kontribusi nyata bagi masyarakat.

Pesan-pesan Gusma yang konsisten seperti pentingnya kerja keras, cerdas, dan ikhlas, juga telah membentuk semangat baru bagi para kader Pemuda Katolik di berbagai daerah.

“Kami berharap Kongres di Palangkaraya nanti berjalan dengan aman, lancar dan penuh sukacita, sehingga Pemuda Katolik dapat melesat maju dalam kepemimpinan Stefanus Asat Gusma hingga ke daerah-daerah bahkan ke cabang atau seluruh pelosok Nusantara Indonesia” tutup Parulian Silalahi.
pemuda katolik
Untuk mewakili Komisariat Cabang yang ada se Sumatera Utara, Ketua Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Labuhanbatu (Labura), Jhohanes Situmorang, juga menegaskan hal yang sama, yaitu akan solid dan komit dengan Komda Sumut untuk mengusung dan mendukung Ketum Stefanus Asat Gusma (SAG) melanjutkan kepemimpinannya sebagai Ketua Umum.

"Kami Pemuda Katolik Komcab Labura sebagai salah satu Komcab yang dibawah kepemimpinan Komda Sumut Parulian Silalahi sepakat dan solid bersama Komcab Lainnya di Sumatera Utara mendukung Gusma untuk melanjutkan kepemimpinannya. Tiga tahun terakhir, Ketum Gusma mampu menciptakan paradigma baru dalam organisasi dengan semangat 'Reborn and Grow Further'," ucap Jhohanes Situmorang.

Untuk periode selanjutnya, Gusma mengusung visi 'Grow Further and Level Up', yang menurut Novianto sangat relevan untuk membawa Pemuda Katolik ke tingkat yang lebih tinggi.

"Program-program yang sudah dimulai Gusma perlu dilanjutkan dan ditingkatkan. Kerjasama dengan berbagai kementerian dan lembaga harus terus dioptimalkan agar organisasi ini dapat bergerak lebih maksimal," jelas Jhohanes Situmorang yang merupakan umat jemaat Allah Gereja Katolik St. Pius X Aek Kanopan Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara.

Dengan solidnya dukungan dari berbagai daerah, termasuk Sumut, Kongres Nasional Pemuda Katolik di Palangkaraya diprediksi akan menjadi momen penting dalam melanjutkan semangat pertumbuhan organisasi di bawah kepemimpinan Stefanus Asat Gusma.

Konsep unggulan yang diusung Gusma, menurut Jhohanes Situmorang, adalah pencapaian tiga tujuan utama dalam setiap kegiatan Pemuda Katolik, yaitu goals media, politik, dan event.

"Tiga goals ini penting untuk meningkatkan posisi tawar organisasi di tingkat daerah, bahkan sampai ke kabupaten/kota di Sumatera Utara," tutup Jhohanes Situmorang.

Penulis: (Redaksi)
www.posmetrosumut.com
Baca Juga:
Advertise

This post have 0 comments

This Is The Newest Post
Previous article Previous Post